Pengertian Fitting Baju dan Hal-Hal yang Harus Anda Perhatikan!

by | Apr 30, 2023 | Blog

Ilustrasi Fitting Baju

Sumber Gambar

Ketika akan membuat gaun untuk pesta, gaun wedding, atau memilih baju yang akan dikenakan, Anda tentunya harus melalui proses penting yang dinamakan fitting. Fitting baju adalah proses penting untuk memastikan baju yang akan digunakan sudah pas dan cocok di tubuh pemakainya. Yuk, ketahui beberapa hal lebih lanjut mengenai fitting baju pada ulasan berikut ini!

Pengertian Fitting Baju Adalah …

Anda mungkin sering mendengar tentang istilah fitting baju dalam dunia fashion. Fitting baju adalah proses pengepasan pakaian yang biasanya telah dipesan, dan lazimnya dilakukan untuk busana formal seperti acara pernikahan atau formal lainnya.

Proses pengepasan ini tentu menjadi kunci penting untuk mendapatkan pakaian yang sesuai dengan kebutuhan dan tampilan yang diinginkan. Sebab itulah, sebaiknya Anda tidak tergesa-gesa menentukan jenis pakaian yang akan dibeli sebelum melakukan fitting.

Jangan sampai sudah mengeluarkan banyak uang, eh ternyata pakaian yang dibeli tidak sesuai dengan look yang diinginkan dan tidak pas di tubuh.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Melakukan Fitting Baju

Namun sebelum melakukan fitting, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Menurut desainer Amy Atmanto, proses fitting perlu dilakukan untuk memastikan apakah pakaian yang dibuat sudah sesuai dengan bentuk tubuh atau butuh permak/perbaikan.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika sedang fitting baju adalah:

Pakaian Dalam yang Digunakan

Ketika melakukan fitting perhatikan pakaian dalam yang Anda kenakan, seperti bra, celana dalam, korset, atau bustier. Pakaian dalam ini penting karena turut menentukan bentuk, tata letak busana, dan tampilan busana tersebut nantinya.

Penggunaan Alas Kaki

Selain pakaian dalam, hal lain yang perlu diperhatikan saat fitting adalah alas kaki. Pertimbangkan jenis sepatu yang akan dikenakan di acara tersebut nantinya, apakah tertutup, selop, wedges, atau high heels dengan ketinggian tertentu.

Hal ini akan mempengaruhi panjang gaun atau kain yang Anda kenakan nantinya. Jangan sampai nih, karena menggunakan high heels yang tinggi gaun tersebut malah terlihat kurang panjang alias ngepress, alhasil tampilannya jadi kurang maksimal.

Hal yang sama berlaku juga untuk alas kaki lainnya, jadi ketika fitting baju semua komponen busana dan aksesoris lainnya harus dipertimbangkan dengan baik.

Datang Sesuai Jadwal

Untuk fitting ini biasanya ada jadwal khusus, jadi pastikan Anda datang pada tanggal yang sudah disepakati bersama. Saat proses fitting, nantinya pemesan (baju) akan didampingi oleh desainer atau minimal asisten desainernya untuk mengetahui tingkat kecocokan konsumen.

Saat proses fitting ini, konsumen juga bisa mendapatkan gambaran tentang hasil akhirnya dan meminta revisi atau tambahan jika hasilnya kurang sesuai.

Proporsi Badan

Hal lainnya yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah proporsi badan. Setiap orang pastinya memiliki proporsi tubuh yang berbeda-beda, ada yang tinggi langsing, berisi, dan sejenisnya. Tujuan utama ketika melakukan proses fitting ini adalah mengepaskan proporsi badan.

Salah satu caranya adalah dengan pemilihan model baju yang tepat, hal ini penting agar tampilannya makin pas. Jadi baju tersebut tidak hanya berfungsi sebagai penutup tubuh saja, melainkan juga sebagai busana untuk semakin mempercantik tampilan pemakainya.

Kondisi

Kondisi yang dimaksud disini adalah kondisi acara, apakah baju tersebut akan digunakan untuk kegiatan indoor atau outdoor. Termasuk juga dengan jenis acara yang akan dihadiri, apakah formal atau nonformal, acara pernikahan atau casual, dan sejenisnya. Hal ini tentunya akan mempengaruhi desain dan model bajunya nanti, setiap acara pasti identik dengan model baju tertentu.

Contoh, untuk wedding model bajunya adalah gaun panjang dan setelan suit yang elegan. Sementara untuk kegiatan casual, modelnya bisa lebih beragam. Untuk acara outdoor, model bajunya akan dibuat lebih luwes sehingga tak membatasi pergerakan penggunaannya.

Waktu Pengerjaan

Pertimbangan lainnya yang tak kalah penting ketika akan melakukan fitting baju adalah waktu pengerjaannya. Jangan lupa bertanya pada desainer tentang estimasi lama pengerjaannya. Untuk dress yang rumit atau baju dalam jumlah banyak, otomatis waktu pengerjaannya jadi lebih lama.

Pastikan waktu pengerjaannya tidak terlalu mepet ya karena dikhawatirkan bajunya tidak akan jadi tepat waktu. Pastikan juga Anda tidak melakukan request perubahan yang terlalu mendadak. Intinya, persiapan waktu ini haruslah sangat matang, jangan melakukan fitting dadakan. Apalagi di waktu-waktu ramai agar pesanannya jadi sesuai dengan ekspektasi.

Penutup

Proses fitting baju adalah proses pengepasan baju, dilakukan untuk memastikan bahwa baju yang dipesan atau dibeli sudah sesuai atau belum. Ketika akan melakukan fitting ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan mulai dari penggunaan pakaian dalam, alas kaki, jadwal, proporsi badan, tujuan penggunaan (kondisi), dan waktu pengerjaannya.

Semoga informasi mengenai fitting baju diatas bermanfaat ya!