Mengenal Jenis-Jenis Kain untuk Seragam Kerja

by | Jan 9, 2024 | Blog

Banyak brand atau perusahaan yang membuat seragam kerja untuk para karyawannya. Namun, sebelum memutuskan untuk membuat seragam kerja, perlu diketahui jenis-jenis kain yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan serta kualitas yang diinginkan. Dalam artikel ini, kamu akan mengenal jenis-jenis kain yang cocok untuk seragam kerja dan juga bagaimana cara memilih kain yang sesuai.

1. Kain Katun

Kain katun adalah bahan kain yang paling banyak dipakai untuk seragam kerja, karena mudah menyerap keringat dan sangat nyaman dipakai. Selain itu, kain katun juga dapat dicuci berkali-kali tanpa merusak bahan. Hal ini menjadikan bahan seragam katun sangat cocok untuk dipakai di lingkungan kerja yang membutuhkan aktivitas banyak bergerak. Untuk seragam yang berbahan katun, bisa dicetak menggunakan teknik sablon, DTG, atau bordir.

2. Kain Polyester

Kain polyester adalah bahan kain yang cukup terkenal karena ketahannya terhadap kerutan dan dapat dicuci dengan mudah. Namun, bahan ini tidak cocok dipakai di lingkungan kerja yang membutuhkan aktivitas yang banyak bergerak atau dapat menyebabkan berkeringat. Kain polyester sering digunakan dalam pembuatan seragam kerja di bidang kantor seperti front liner kantor, pelayanan customer service dan lain sebagainya. Kain ini juga dapat dicetak menggunakan teknik sablon, DTG, atau bordir.

3. Kain Wool

Jenis kain ini berasal dari bulu domba atau hewan lainnya yang memiliki bulu sebagai pelindung tubuhnya. Bahan ini cukup baik untuk memproduksi seragam kerja, terutama untuk membuat seragam di musim dingin yang membutuhkan pakaian yang hangat. Seragam yang terbuat dari kain wool dapat dibuat cantik dengan ditambahkan bordir dan dapat terlihat elegan.

4. Kain Denim

Kain denim biasanya digunakan untuk membuat pakaian kasual seperti celana jeans, jaket jeans, dan sepatu sneakers. Namun, kain ini juga dapat digunakan untuk membuat seragam kerja, terutama bagi pekerja yang memiliki jenis pekerjaan yang membutuhkan pakaian dengan konstruksi tebal. Kain denim juga tahan lama meskipun dicuci berkali-kali, dan dapat dibentuk menjadi aneka model pakaian seragam.

5. Kain Rayon

Bahan kain ini sering digunakan dalam pembuatan seragam formal. Kain rayon terbuat dari serat sintetis yang dicampur dengan serat alami, seperti kapas. Bahan ini cukup halus dan nyaman saat dipakai, serta cukup berkualitas. Seragam formal yang terbuat dari kain rayon biasanya warnanya lebih terang dan dapat dicetak menggunakan teknik sablon, DTG, atau bordir.

Kesimpulan

Itulah jenis-jenis bahan kain yang sering digunakan untuk membuat seragam kerja yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan dan kualitas yang diinginkan. Dalam memilih jenis kain untuk seragam kerja, perlu mempertimbangkan dalam hal pemilihan teknik pencetakan, pilihan warna kain serta kebutuhan pekerjaan. Hal tersebut agar hasil proses pembuatan seragam lebih maksimal dan cocok digunakan dalam lingkup pekerjaan. Happy choosing!