Standar – tips dan trik untuk memilih bahan pakaian hiking – backpacking hingga mendaki gunung yang paling nyaman dan aman untuk juragan kenakan. Sebagai seorang pecinta hiking atau mendaki, juragan pasti sudah sadar kalau pakaian yang juragan kenakan sangat berpengaruh terhadap ‘suasana’ juragan ketika berada di pegunungan. Pakaian atau jaket tersebut harus mampu membuat tubuh terhindar dari dingin, tapi tetap bisa membuat kulit juragan bisa ‘bernafas’ atau ‘breathable’, bisa cepat kering, dan melindungi juragan dari hujan, salju, angina kencang hingga bahkan pancaran sinar matahari yang panas sekalipun. Juragan akan dihadapkan dengan berbagai kondisi yang sangat menantang ketika berada di atas gunung atau jalur pendakian. Perubahan temperatur serta aktivitas – aktivitas gunung yang kurang bisa diprediksi akan semakin menyulitkan juragan apabila tidak mengenakan pakaian atau jaket untuk mendaki gunung serta hiking yang sesuai.

Juragan harus bisa memastikan kalau jaket atau pakaian yang juragan kenakan akan tetap nyaman dan aman. Menggunakan pakaian yang sesuai untuk melindungi serta mengisolasi tubuh juragan merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga keselamatan juragan di pegunungan. Berada di sebuah tempat ‘entah berantah’ dengan ‘persediaan’ atau ‘persiapan’ yang kurang mumpuni bisa sangat membahayakan. Memang benar tidak ada alasan untuk hidup dalam ketakutan sepanjang hidup juragan , tapi, harap ketahui batas kemampuan dari juragan itu sendiri. Siapkan semua keperluan dengan cermat dan baru memulainya dengan percaya diri. Perlu diketahui bahwa perpaduan dari tenda atau tempat perlindungan juragan, system tempat tidur atau sleeping bag, pakaian dan skill bisa sangat membantu juragan untuk ‘survive’ atau selamat meski dihantam oleh berbagai perubahan lingkungan di sekitar juragan.

Pengetahuan Dasar Untuk Pakaian Hiking

Pastikan juragan tidak hanya menggunakan satu ‘layer’ atau satu lapis pakaian saja. Seorang hiker yang sudah terbiasa naik turun gunung kebanyakan menggunakan berlapis – lapis pakaian. Tatanannyapun tidak bisa sembarangan. Semua lapisan pakaian tersebut digunakan bertumpuk – tumpuk untuk bisa memberikan kehangatan yang lebih baik kepada para pendaki. Biasanya, bahan layer atasan yang dipilih akan dipadupadankan dengan lapisan bawah yang memiliki kemampuan ‘breathability’ dengan baik. Mulai dari atasan, bawahan, topi, jaket dan bahkan sarung tangan harus bisa bekerja dengan baik saat juragan mengenakannya. Hal ini akan sangat membantu juragan dalam beberapa kondisi genting sekalipun.

Harus Siap Melihat Pakaian Kotor

Ketika juragan mendaki, beberapa jenis pakaian juragan akan dikenakan hampir sepanjang waktu mulai dari awal pendakian hingga sampai juragan kembali ke kampong halaman. Hal inilah yang membuat harus sadar dan siap kalau pakaian atau jaket juragan akan kotor. Tapi, yang namanya mendaki agaknya kurang afdol jika mendaki tapi pakaian atau jaket juragan tidak kotor atau kurang bau. Anggap saja itu adalah salah satu pengalaman yang tidak akan pernah juragan lupakan seumur hidup juragan.

Nah, jenis bahan apa saja yang cocok sebagai material jaket untuk mendaki gunung atau hiking terbaik yang bisa juragan gunakan. Karena saat digunung, cuaca mungkin tidak bisa diprediksi dengan akurat. Juragan bisa saja akan terekspos secara terus – menerus di kelembaban hutan saat sedang mendaki atau naik gunung. Mulai dari air keringat juragan, hujan, salju bahkan hingga air sungai dan segala macamnya pasti akan membuat juragan selalu merasa basah. Sangat penting untuk juragan memilih jenis kain yang mudah kering secepat mungkin.

Jenis kain yang mudah menyerap air tapi sulit untuk kering seperti katun dan sebangsanya akan menahan kelembaban yang ada di kain itu sendiri untuk terus bersentuhan dengan kulit juragan. Yang mana hal ini bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan ketika juragan berada di atas gunung. Mulai dari hipotermia yang sangat berbahaya, lecet, melepuh karena gesekan dengan kain, dan bahkan gatal – gatal. Jadi, sangat disarankan bagi juragan yang ingin mendaki untuk menghindari menggunakan berbagai jenis pakaian yang berbahan dasar katun.

Jaket Untuk Mendaki Gunung

Gunakan Serat Sintetis

Seperti halnya polyester dan nilon, kedua jenis bahan dasar pakaian tersebut merupakan pilihan yang sangat cocok apabila juragan ingin kulit juragan tidak selalu ‘basah’ dan gampang kering. Jenis kain nilon dan polyester memang dikenal sebagai bahan dasar pembuatan pakaian yang  gampang kering, sangat tahan lama, ringan dan harganya juga terjangkau. Kekurangan dari jenis kain yang berasal dari serat sintetis adalah biasanya, kain tersebut sangat mudah menyerap bau badan juragan sehingga kurang nyaman.

Wol

Meskipun wol merupakan salah satu bahan dasar pembuatan kain yang berasal dari serat alami, ia memiliki karakteristik atau sifat yang mirip dengan bahan polyester atau nylon. Dimana wol bisa membuat tubuh juragan jauh lebih hangat meski tengah berada di suasana yang dingin. Beberapa jenis kain yang berasal dari wol juga sangat cocok untuk membantu juragan mempertahankan suhu tubuh meski tengah berada di lingkungan yang panas. Kelemahan dari jenis bahan dasar kain yang satu ini adalah harganya yang mahal. Dan terkadang terasa cukup gatal bagi sebagian orang.

Sesuaikan Dengan Musim Juragan Mendaki

Untuk musim panas, dengan temperatur atau suhu pegunungan yang tidak akan mencapai di bahwa nol derajat atau sampai membeku. Juragan bisa mengenakan celana pendek lengkap dengan atasan berupa kaos atau tanktop saat mendaki ketika pagi siang sampai sore. Untuk menyempurnakan pakaian atau ageman juragan ketika mendaki, juragan bisa menggunakan kaos kaki khusus untuk mendaki, sepatu lari atau sepatu olahraga, dan topi. Ketika cuaca sudah semakin dingin. Juragan bisa menggunakan kaos lengan panjang atau jaket yang windbreaker (anti angina) dan waterproof (anti air) untuk mempertahankan suhu tubuh juragan.

Ketika juragan telah sampai di tempat peristirahatan atau perkemahan, juragan bisa menggantinya dengan celana hiking dan atasan yang baru. Lengkap dengan kaos kaki, topi (jika perlu) dan tentunya jaket water repellant. Selalu bawa jaket water repellent meskipun ketika juragan mulai mendaki, awan atau cuaca terlihat cerah. Hal ini akan sangat membantu juragan apabila nantinya, ketika berada di tengah pendakian ternyata justru turun hujan atau gerimis ringan.

Jaket Untuk Mendaki Gunung

Kesimpulan – Kain Fleece Sebagai Bahan Dasar Jaket Untuk Mendaki Gunung Atau Hiking

Untuk musim semi dan musim gugur, kedua musim yang satu ini memiliki persamaan dalam hal suhunya yang cukup dingin. Di musim ini juga juragan harus siap untuk melihat jalur atau lintasan yang berlumpur dan kotor. Sedangkan, ketika juragan mendaki di musim dingin. Juragan harus siap untuk bersusah – susah menyiapkan berbagai perlengkapan yang ada sebelum mendaki. Karena pastinya jauh lebih ribet jika dibandingkan dengan pakaian yang juragan kenakan ketika musim panas.

Juragan diwajibkan menggunakan baju berlapis. Jika benar – benar sangat dingin sangat disarankan untuk menggunakan jaket fleece. Pastikan layer atau lapisan kedua pakaian juragan tetap kering dengan menggunakan jaket yang tipis atau tidak terlalu tebal. Jenis kain Fleece sangat cocok digunakan sebagai alat pengisolasi tubuh juragan dari dingin. Kesimpulannya, jaket dengan bahan dasar berupa kain fleece merupakan jenis kain terbaik untuk jaket gunung. Sangat ampuh menangkal tubuh juragan kedinginan ketika cuaca sedang ‘menggigit’.

Baca Juga : Baju Esport ML Polos Berbahan Jersey”

Pemesanan

Anda dapat memesan Jersey dengan menggunakan kain Dri-fit pada Garment Weva.

Estimasi pengerjaan pesanan Konveksi/Vendor Jaket kami untuk satu PO adalah 7 sampai 40hari kerja. Berapapun jumlah pesan dan seberapa sulit desain yang akan dipesan lama pengerjaan sama, kecuali ada request khusus misalnya untuk seragam yang akan dipakai untuk acara/event.

Jika Anda punya komunitas, perusahaan, ataupun teman yang ingin membuat Jaket. Anda bisa langsung menghubungi kami akan membantu Anda sebaik mungkin untuk menyediakan kebutuhan Anda.

WA / SMS / TELP : wa.me/628980005000 dan wa.me/6281390007900

Email : wevagarment@gmail.com

Untuk yang berdomisili di luar Surabaya juga bisa memesan via online, silahkan hubungi Customer Service kami untuk bantuan.

Weva Garment trusted name for Quality.

“Better Quality, Service and Price”