Apa perbedaan hoodie sweater dan jaket? Perbedaan dari ke tiga jenis pakaian atasan tersebut bisa dilihat langsung dari desain dan bahan material kain pembuatnya.

Ulasan kali ini akan membahas mengenai apa perbedaan hoodie sweater dan jaket. Lengkap dengan tempat konveksi terbaik dan terpercaya untuk memesan berbagai kebutuhan anda.

Jadi, apa perbedaan hoodie sweater dan jaket? Simak ulasan perbedaan macam – macam jenis pakaian hangat tersebut melalui ulasan di bawah ini.

Musim kemarau berlalu, datanglah musim penghujan yang pastinya dingin – dingin sedap. Menyiapkan pakaian hangat untuk melewati musim penghujan kali ini agaknya wajib untuk dilakukan.

Perbedaan Hoodie, Sweater dan Jaket

Jika membutuhkan pakaian yang bisa digunakan ketika bepergian dengan menggunakan motor saat hujan, jaket tentunya merupakan pilihan yang tidak boleh ditinggalkan.

Kalau ingin mengenakan pakaian yang lebih santai, lebih casual namun tetap hangat hoodie serta sweater merupakan pilihan yang paling tepat untuk anda.

Hoodie merupakan sebuah tipe kaos sweater yang memiliki penutup kepada di bagian atasnya. Beberapa jenis hoodie biasanya memiliki kantong saku di bagian depannya.

Sednagkan untuk sweater, pakaian satu ini termasuk ke dalam garment yang wajib dikenakan ketika cuaca sedang dingin. Biasanya terbuat dari jenis kain yang cukup tebal namun tetap hangat dan nyaman ketika digunakan.

Jika dilihat sekilas, antara hoodie dan sweater memang terlihat mirip. Yang membedakan antara sweater dan hoodie biasanya hanya terletak di bagian ada atau tidaknya penutup kepala di jenis pakaian itu sendiri.

Keduanya bisa sama – sama terbuat dari jenis kain Fleece atau beberapa kain lainnya yang cukup tebal dan hangat.

Meskipun hoodie dan sweater merupakan jenis pakaian yang berbeda. Keduanya memiliki tujuan penggunaan yang sama.

Baca Juga : “Lebih Bagus Hoodie Atau Sweater? 3 Perbedaan Hoodie dan Sweater

Jadi, Apa itu Hoodie?

Hoodie merupakan salah satu jenis kaos sweater yang spesifik. Spesifik di bagian hood atau penutup kepala dari garment itu sendiri.

Tanpa adanya hood atau penutup kepala tersebut, hoodie tidak akan bisa disebut hoodie melainkan sweater.

Hoodie bahkan lebih sering digunakan orang – orang untuk ageman olahraga ringan dan sebagainya. Jenis pakaian yang satu ini memang sering digunakan sebagai pakaian pemanasan sebelum olahraga.

Secara garis besar hoodie justru jarang sekali digunakan sebagai pakaian yang akan menghangatkan tubuh penggunanya ketika musim dingin atau musim penghujan.

Jenis kain Fleece merupakan pilihan kain yang paling banyak digunakan untuk membuat hoodie maupun sweater. Kenapa?

Hal ini dikarenakan oleh sifatnya yang lembut dan cukup hangat, apalagi dengan kemudahan kain fleece ketika diberikan screen printing atau di bordir dengan logo.

Salah satu bagian kain fleece memiliki karakteristik mirip bulu – bulu halus yang membuat pakaian seperti hoodie maupun sweater terasa lebih nyaman dan hangat.

Lalu Apa itu Jaket?

Jaket merupakan salah satu jenis pakaian yang wajib dikenakan ketika musim dingin atau penghujan tiba. Jaket bisa memiliki karakteristik anti air atau waterproof. Tapi sebagian jenis jaket juga tidak memiliki kemampuan yang satu ini.

Perbedaan utama antara jaket dan sweater atau hoodie adalah adanya kancing atau resleting di bagian depan pakaian jaket itu sendiri.

Jaket bisa terbuat dari berbagai macam jenis kain seperti Alpen Milky, Columbia, Despo, goretex, honeycomb, JN-ZN, Mayer, Micro NS, Micro Ribstop, Parasut Milky, Prisma Diamond, Taslan Milky, Scoot Puma dan masih banyak yang lainnya.

Jaket Parasut

bahan kain jaket parasut

Jaket sangat jarang digunakan untuk berolahraga atau melakukan pemanasan. Beberapa jensi jaket juga memiliki tudung kepala mirip dengan hoodie. Namun yang membedakan keduanya tetap terletak di bagian ada atau tidaknya resleting serta kancing di bagian depan.

Jaket biasanya masih dibedakan menjadi beberapa jenis lagi. Berikut adalah beberapa jenis jaket yang dijual di pasaran antara lain adalah :

  1. Jaket bomber
  2. Jenis Jaket windbreaker
  3. Jaket varsity
  4.  Jenis Jaket cardigan
  5. Jaket coaches
  6. Jaket gunung

Fungsi dan material pembentuk dari masing – masing jenis jaket diatas juga berbeda – beda. Ada beberapa jenis jaket yang memang dikhususkan untuk tahan terhadap situasi tertentu.

Jadi, jawaban untuk pertanyaan apa perbedaan hoodie sweater dan jaket bisa dilihat langsung dari desain dan bahan material kain pembuatannya.