Apa fungsi jaket dan Sweater? Tujuan dibuatnya atau dikenakannya jaket serta sweater ternyata memiliki fungsi yang berbeda.

Salah satu cara termudah untuk membedakan yang mana sweater dan mana jaket adalah melihat pada jenis kain penyusunnya. Jadi, apa fungsi jaket dan Sweater?

Berikut adalah ulasan mengenai apa fungsi jaket dan sweater serta hal apa saja yang membedakan dua jenis pakaian hangat tersebut.

Meskipun sama – sama dikenakan sebagai atasan, sweater biasanya dibuat dari bahan yang cukup tebal namun lembut.

Sementara jaket bisa terbuat dari bahan waterproof yang anti air. Hal ini nantinya juga akan mempengaruhi fungsi masing – masing jenis pakaian itu sendiri.

Ada banyak jenis pakaian hangat yang dijual di pasaran saat ini. Beberapa diantaranya adalah sweater dan jaket. Perbedaan paling menonjol dari kedua jenis pakaian tersebut nampak pada bagian material penyusun sekaligus desainnya.

Jaket merupakan salah satu jenis pakaian yang dikenakan sebagai bahan atasan. Sangat jarang ada orang yang menggunakan atasan jaket saja tanpa ada pakaian seperti kaos di dalamnya.

Apa yang Dimaksut Dengan Sweater dan Jaket?

Seseorang bisa mengenakan kaos, blouse atau pakaian ringan lainnya sebelum ditutup oleh jaket. Bisa dibilang, jaket sangat mirip dengan mantel.

Yang membedakan keduanya hanya karakteristik jaket yang biasanya jauh lebih ketat, lebih ringan dan lebih pendek jika dibandingkan dengan mantel.

Secara desain, jaket memiliki bukaan di bagian depan. Bukaan tersebut dapat terbuat dari resleting atau kancing. Jaket secara desain juga memiliki fungsi untuk menutupi pinggul dan perut.

Lebih dalam lagi, jaket memiliki pilihan untuk ditambahi beberapa aksesoris lainnya seperti kerah, kantong saku, lengan baju dan lainnya.

Fungsi utama jaket adalah untuk melindungi penggunanya dari cuaca dingin. Banyak tipe jaket yang bisa juragan dapatkan di pasaran.

Beberapa jenis jaket tersebut antara lain adalah jaket bomber, jaket windbreaker, jaket hoodie, jaket varsity, jaket cardigan, jaket coaches dan jaket gunung.

Semua jenis jaket yang disebutkan sebelumnya bisa dipesan dengan mudah secara custom oleh pelanggan melalui konveksi Weva Garment.

Lalu, apa itu Sweater?

Sweater merupakan sejenis pakaian rajutan yang menutupi tubuh bagian atas. Perbedaan mendasar antara jaket dengan sweater biasanya terletak dibagian depan apakah ada bukaannya atau tidak.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jaket biasnaya memiliki bukaan dibagian depan dengan resleting atau kancing.

Sedangkan untuk sweater, sangat jarang sekali ada sweater yang memiliki resleting atau kancing di bagian depannya.

Sweater bisa terbuat dari kain yang cukup tebal dan lembut seperti Fleece. Kain jenis ini memang tidak termasuk kain waterproof atau anti air namun hangat dan nyaman.

perbedaan hoodie dan sweater

Mengenakan sweater juga tidak perlu harus ditambah pakaian dalam lainnya seperti kaos dan sebagainya.

Sweater bisa dikenakan tanpa harus ada pakaian tambahan apapun di dalamnya. Tapi jika ingin mengenakan kaos di dalam sweater juga bisa – bisa saja.

Jaket biasanya dibuat dengan tambahan lengan baju dan bukaan di bagian depannya. Dipakai untuk menutupi tubuh bagian atas sampai sedikit di bawah pinggul.

Sedangkan untuk sweater itu sendiri, jenis pakaian yang satu ini memiliki kesan yang lebih santai meski kebanyakan bukan termasuk pakaian anti air.

Fungsi keduanya memang hampir mirip. Sweater dan jaket mampu membuat penggunanya merasa hangat dan nyaman ketika berada di cuaca yang dingin.

Yang membedakan dari segi fungsi kedua jenis pakaian tersebut mungkin bisa dibilang terletak pada beberapa jenis jaket yang jauh lebih anti air jika dibandingkan dengan sweater.

Sweater juga memiliki gaya yang lebih santai dan casual jika dibandingkan dengan jaket. Secara garis besar, sweater jauh lebih mirip dengan hoodie daripada jaket.

Yang membedakan antara hoodie dengan sweater hanya terletak di bagian tudung atau penutup kepalanya. Kebanyakan hoodie memiliki penutup kepala di bagian atasnya sedangkan sweater tidak.

Jadi, jawaban untuk pertanyaan apa fungsi jaket dan sweater adalah sama – sama membantu penggunanya untuk merasa hangat dan nyaman ketika berada di musim penghujan atau di cuaca yang dingin.